21 November 2007

Kacamata Rayband : Baik atau Buruk ?

KACA MATA GELAP / RAYBAND

– BAIK ATAU BURUK UNTUK MATA?

Oleh : Benyamin G. Yonas

“Berfirmanlah Allah,”Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik.” Kejadian 1:,4

Setelah berbicara “Melihat Jelas Tanpa Kaca Mata” di suatu tempat, ada yang bertanya kepada saya apakah kacamata gelap/hitam/rayband baik atau buruk untuk kesehatan mata. Sebab saya bukan dokter mata dan juga para pendengar adalah orang awam, maka saya akan mencoba menjawabnya secara sederhana dan dengan akal sehat.

TERANG BAIK BAGI MATA

Mata manusia diciptakan untuk melihat cahaya yang dipantulakan ke mata. Cahaya yang terang baik bagi kesehatan mata. Allah telah menciptakan terang alami untuk kesehatan mata manusia.

Semua cahaya dalam spektrum cahaya matahari sangat menyehatkan mata. Mata kita tidak akan melihat dengan baik tanpa sinar matahari. Itulah sebanya sering dianjurkan untuk gerak badan dan kegiatan di alam terbuka.

KACA MATA GELAP MENYEBABKAN PUPIL MATA MEMBESAR TIDAK ALAMI

Seperti kita ketahui, pupil mata mengecil bila cahaya terang dan membesar bila cahaya redup. Dengan memakai kaca mata gelap, kondisi ini dibalik, yakni, pupil mata membesar saat matahari terik, karena mengunakan kaca mata gelap. Bukankah ini keadaaan yang terbalik dan tidak wajar?

Biasanya setelah lama memakai kacamata gelap, mata menjadi mudah silau dan tidak tahan terhadap sinar terang.

NIKMATILAH TERANG, JAUHILAH KEGELAPAN

Salah satu bahaya kacamata gelap bila dipakai untuk waktu lama adalah kecendrungan untuk terbiasa dengan keremangan, keredupan dan kegelapan. Segala sesuatu yang terang cendrung dihindari. Ini tentu saja menjadikan mata kita tidak alami.

BAGAIMANA KALAU CAHAYA MATAHARI SILAU SEKALI?

Pakailah topi. Gunakan payung. Juga tidak terlalu kuatirkan hal itu, sebab mata kita akan beradaptasi.

KESIMPULAN : KACA MATA RAYBAND TIDAK ALAMI

Semua karena alasan mode dan gaya hidup moderen. Seratus tahun lalu tidak ada kacamata gelap.

Kacamata mula-mula dibuat untuk pilot yang terbang sangat tinggi untuk menghindari sengatan matahari yang sangat terang. Kemudian ditiru dan dipakai oleh orang karena terlihat gaya.

Jadi mau gaya atau sehat? Gunakan akal sehat.

Tidak ada komentar: