13 Maret 2008

Apakah Komputer dan TV merusak mata ?

Sering kali ditanyakan apakah komputer dan TV merusak mata?

Tidak, kalau Anda tahu “seninya”.

 

Komputer dan TV menyebabkan mata kita sering melakukan “close work” untuk waktu yang lama. Yang disebut close work adalah melihat terus menerus pada jarak kurang dari 2 m untuk waktu lebih dari 1 jam.

Sering kali setelah bekerja dengan computer atau membaca buku agak lama, mata terasa buram saat melihat jauh. Ini terjadi karena ketegangan (strain) otot mata.

Otot mata harus “bekerja” saat melihat benda dekat. Ia akan rileks, saat melihat benda jauh. Setelah “bekerja” lama saat melihat komputer, misalnya, maka otot mata kita kurang rileks dan tegang, sehingga penglihatan menjadi buram.

(Petunjuk : Bila hal ini terjadi segeralah beristirahat. Kedip-kedipkan mata beberapa kali. Lalu lakukan palming sekitar 2-5 menit. Setelah itu penglihatan akan lebih rileks.)

 

Apakah ini selalu terjadi pada setiap orang ?

Tidak. Pada mata orang yang normal , otot matanya bekerja dengan rileks. Mereka sering secara insting, mengedipkan mata dan menatap kea rah lain untuk rileksasi mata.

Beberapa waktu yang lalu saya mengetest penglihatan staff kantor saya. Yang menarik perhatian saya adalah seorang staff bagian komputer yang penglihatannya lebih dari 20/20 (3/3) alias lebih tajam dari definisi “normal”. Padahal dia bekerja di depan komputer setiap hari dan sepanjang tahun. Apa sebabnya matanya masih begitu tajam, padahal bekerja terus menerus di depan komputer ?

Rupanya secara insting dia melakukan shifting dan blinking terus menerus. Pola tidurnya juga sangat menunjang mata yang sehat, yaitu pukul 8 malam sudah tidur !

 

Jadi saran saya adalah : setiap 10 menit berkomputer atau membaca atau menonton TV, kita harus mengalihkan pandangan kita ke arah arah lain (shifting) selama sekita 10 detik. Apabila Anda sering lupa untuk melakukannya, taruhlah sebuah timer disamping computer Anda sebagai pengingat.

Kemudian, setelah beberapa memakai computer atau menonton TV, lalu timbul keletihan mata, lakukan Palming atau tidurlah.

 

Kesimpulan :

Untuk mencegah kerusakan mata saat memakai komputer atau TV, gunakan jurus SHIFTING dan PALMING.

Lihat petunjuknya dalam booklet “ Pedoman Latihan Bergambar”

 

Tidak ada komentar: