18 April 2008

MANUSIA MODERN: HIDUP DALAM KEREMANGAN

“It is not light but darkness that is dangerous to the eye.” Dr W. Bates, MD, “Perfect Sight Without Glasses”

 

Semua orang mengetahui : tanpa cahaya, tidak mungkin melihat dengan jelas. Dari semua cahaya, sinar matahari adalah yang terbaik, paling wajar dan merilekskan mata. Beberapa peserta seminar yang berkacamata plus bilang bahwa mereka bisa membaca lebih jelas kalau dilakukan teras rumah. Orang yang matanya myopia (minus) akan naik kemampuannya bila ada cukup sinar matahari. Tidak perlu penelitian rumit, hanya perlu akal sehat.

Tetapi cahaya yang sangat ajaib ini cenderung dijauhi oleh manusia modern. Misalnya :

1.       Jendela rumah modern cenderung gelap : pasang kaca rayband, semi rayband, reflektif, one-way glass, dll.

2.       Kacamata gelap (rayband) telah menjadi sangat popular. Industri kacamata gaya ini telah berhasil meyakinkan orang bahwa mataharai berbahaya, sehingga perlu di “saring”. Mungkin suatu hari bayi-bayi pun akan dianjurkan memakainya.

3.       Pada siang hari, sadar atau tidak, manusia modern tinggal diruang tertutup, di kantor, di mall, dalam kendaraan (mobil, kereta api, pesawat terbang yang ber-AC dan tanpa atau sedikit cahaya matahari).

4.       Kita membangun hotel, mall, supermarket, kantor dengan interior yang mewah, tanpa cahaya alami. Kita hidup dengan cahaya buatan, sekalipun pada siang hari !

Jadi bukankah manusia modern telah memilih hidup dalam kegelapan ? Siang maupun malam, selalu dalam keremangan. Bukan main …. !

 

Cintailah terang, hiduplah dalam terang pada siang hari, semua ini akan menyehatkan sistim penglihatan kita. Bukalah jendela lebar-lebar, biarkan sinar matahari menerobos ke dalam rumah dan kantor kita. Seringlah beraktifitas di luar rumah : olahraga, jalan kaki,bermain, merawat tanaman, dll.

 

Bandung, Jumat sore, 18 April 2008

Benyamin G. Yonas

melihatjelas@gmail.com

 

Tidak ada komentar: